WELCOME TO MY BLOG

Sejarah Perkembangan Ilmu Politik

Okay, kita bicara soal sejarah perkembangan politik, sebelum kita membahas hal tersebut, kita harus mengetahui apa itu ilmu politik. Menurut etimologi, politk berasal dari kata yunani yaitu “polis” yang berarti kota yang memiliki status Negara. Secara umum politik di artikan sebuah aktifitas atau kegiatan kegiatan yang ada atau dalam suatu negara untuk membentuk sebuah tujuan – tujuan dari sistem tersebut dan untuk melaksanakan tujuan – tujuan tersebut.
Menurut buku yang saya baca yaitu buku dari Prof. Miriam Budiarjo yang berjudul “Dasar-Dasar Ilmu Politik” ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari tentang  perpolitikan. Politik dalam artian suatu usaha untuk mencapai tujuan hidup yang baik.
Okay, kita masuk ke pembahasan sejarah perkembangan ilmu politik. Sebenarnya ilmu politik itu sudah lama ada, bisa di katakan kalo ilmu politik adalah ilmu yang tertua di bandingkan dengan ilmu – ilmu yang lain. Semenjak manusia mulai hidup berdampingan. Sejak itu para pemikir politik mulai memikirkan dan membahas siapa yang memerinth dan siapa yang diprintah, dan juga sistem mana yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan tntang pengaturan dan pengawasan.
Pada zaman yunani kuno ilmu politik memiliki awal yang baik, kemudian pada zaman romawi ilmu politik mengalami peningkatan, tidak terlalu berkembang di zaman pertengahan, mengalami sedikit perkembangan di zaman Renaissance dan Penerangan, kemudian membuat sebuah perkembangan substansial pada abad 19, dan kemudian pada abad 20 lmu politik mengalami perkembangan sangat pesat karena pada abad tersebut ilmu politik mendapatkan karakteristik tersendiri.
Di negara – negara benua eropa sendiri memiliki bahasan tentang politik pada abad ke-18 dan ke-19 banyak di pengaruhi oleh ilmu hukum, karena itu ilmu politik hanya berfokus pada negara. Namun selain ilmu hukum, pengaruh ilmu sejarah dan ilmu filsafat pada ilmu politik masih tercampur sampai perang Dunia ke-2.
Perkembangan ilmu politik setelah perang dunia II berkembang lebih pesat, misalnya di Amsterdam, Belanda didirikan fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, meskipun penelitian negara di Belanda masih didominasi leh fakultas hukum. Indonesia pun mulai mendirikan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, contohnya seperti di Universitas Riau. Namun perkembangan ilmu politik di indonesia juga di pengaruhi oleh ilmu hukum, karena ilmu hukum pada saat itu memiliki rating yang sangat tinggi. Sekarang, konsep – konsep ilmu politik yang baru sudah mulai diterima oleh masyarakat.

0 komentar:

Post a Comment